AnekaCara.com

Solusi Kreatif

Cara Menggunakan

Cara Mengucapkan Terimakasih dalam Bahasa Korea

Bahasa Korea adalah salah satu bahasa yang memiliki tingkat kesopanan yang berbeda-beda tergantung pada konteks dan hubungan antara pembicara dan pendengar. Hal ini juga berpengaruh pada cara mengucapkan terimakasih dalam bahasa Korea. Ada beberapa ekspresi yang bisa Anda gunakan untuk menyatakan rasa syukur dan penghargaan Anda kepada orang lain, baik secara formal maupun informal. Berikut adalah beberapa contohnya:

Cara Mengucapkan Terimakasih Secara Formal

Jika Anda berbicara dengan orang yang lebih tua, lebih senior, atau tidak akrab dengan Anda, Anda harus menggunakan cara mengucapkan terimakasih yang formal dan sopan. Ini adalah cara yang paling aman dan umum untuk digunakan dalam situasi resmi, seperti di tempat kerja, sekolah, atau pertemuan bisnis. Berikut adalah beberapa ekspresi yang bisa Anda gunakan:

  • 감사합니다 (gamsahamnida) artinya “terimakasih”. Ini adalah cara yang paling sering digunakan untuk mengucapkan terimakasih secara formal. Anda bisa menambahkan alasan atau objek terimakasih Anda sebelum ekspresi ini, misalnya 선물을 주셔서 감사합니다 (sunmureul jusyeoseo gamsahamnida) artinya “terimakasih telah memberi saya hadiah”.
  • 고맙습니다 (gomapseumnida) artinya “terimakasih”. Ini adalah cara yang bisa digunakan sebagai alternatif dari gamsahamnida, dan memiliki tingkat kesopanan yang sama. Anda bisa menggunakan ekspresi ini dalam situasi yang kurang formal atau lebih santai, seperti di toko atau restoran.
  • 대단히 감사합니다 (daedanhi gamsahamnida) artinya “terimakasih banyak”. Ini adalah cara yang bisa digunakan untuk menunjukkan rasa terimakasih yang sangat besar atau tulus. Anda bisa menggunakan ekspresi ini jika Anda merasa sangat berterimakasih kepada seseorang yang telah membantu Anda dalam hal yang penting atau serius.
  • 정말 고마워요 (jeongmal gomawoyo) artinya “terimakasih sungguh-sungguh”. Ini adalah cara yang bisa digunakan untuk menekankan rasa terimakasih Anda. Anda bisa menggunakan ekspresi ini jika Anda berbicara dengan orang yang lebih tua atau lebih dekat dengan Anda, tetapi masih ingin sopan.
  • 아니요 괜찮습니다 (aniyo gwaenchanseumnida) artinya “tidak, terimakasih”. Ini adalah cara yang bisa digunakan untuk menolak tawaran atau permintaan dari orang lain dengan sopan. Anda bisa menggunakan ekspresi ini jika Anda tidak membutuhkan atau menginginkan sesuatu yang ditawarkan atau diminta oleh orang lain.
Baca Juga :  Cara Beli & Jual Crypto : Panduan Praktis

Cara Mengucapkan Terimakasih Secara Informal

Jika Anda berbicara dengan orang yang sebaya, lebih muda, atau akrab dengan Anda, Anda bisa menggunakan cara mengucapkan terimakasih yang informal dan santai. Ini adalah cara yang bisa digunakan dalam situasi yang tidak resmi, seperti di antara teman, keluarga, atau pasangan. Berikut adalah beberapa ekspresi yang bisa Anda gunakan:

  • 고마워요 (gomawoyo) atau 고마워 (gomawo) artinya “terimakasih”. Ini adalah cara yang paling sering digunakan untuk mengucapkan terimakasih secara informal. Anda bisa menggunakan versi yang berakhiran -요 (yo) jika Anda ingin lebih sopan, atau versi tanpa -요 (yo) jika Anda ingin lebih akrab. Anda bisa menambahkan alasan atau objek terimakasih Anda sebelum ekspresi ini, misalnya 선물 고마워 (sunmul gomawo) artinya “terimakasih untuk hadiahnya”.
  • 감사 (gamsa) artinya “terimakasih”. Ini adalah cara yang bisa digunakan sebagai alternatif dari gomawo, dan memiliki tingkat kesantaiannya yang sama. Anda bisa menggunakan ekspresi ini dalam situasi yang sangat informal atau santai, seperti di antara teman dekat atau pasangan.
  • 아니야 괜찮아 (aniya gwaenchana) artinya “tidak apa-apa”. Ini adalah cara yang bisa digunakan untuk menolak tawaran atau permintaan dari orang lain dengan santai. Anda bisa menggunakan ekspresi ini jika Anda tidak membutuhkan atau menginginkan sesuatu yang ditawarkan atau diminta oleh orang lain.

Cara Menjawab Terimakasih dalam Bahasa Korea

Jika seseorang mengucapkan terimakasih kepada Anda dalam bahasa Korea, Anda bisa menjawabnya dengan beberapa cara berikut:

  • 아니에요 (anieyo) artinya “sama-sama” atau “tidak apa-apa”. Ini adalah cara yang paling umum digunakan untuk menjawab terimakasih dalam bahasa Korea. Anda bisa menggunakan ekspresi ini dalam situasi formal maupun informal, dan dengan orang yang lebih tua, sebaya, atau lebih muda dari Anda.
  • 천만에요 (cheonmaneyo) artinya “sama-sama” atau “tidak usah berterimakasih”. Ini adalah cara yang bisa digunakan untuk menjawab terimakasih dengan lebih sopan atau tulus. Anda bisa menggunakan ekspresi ini dalam situasi formal atau dengan orang yang lebih tua atau lebih senior dari Anda.
  • 별말씀을요 (byeolmalsseumeulyo) artinya “sama-sama” atau “tidak usah berterimakasih”. Ini adalah cara yang bisa digunakan untuk menjawab terimakasih dengan lebih sopan atau tulus. Anda bisa menggunakan ekspresi ini dalam situasi formal atau dengan orang yang lebih tua atau lebih senior dari Anda.
  • 아니야 (aniya) artinya “sama-sama” atau “tidak apa-apa”. Ini adalah cara yang bisa digunakan untuk menjawab terimakasih dengan lebih santai atau akrab. Anda bisa menggunakan ekspresi ini dalam situasi informal atau dengan orang yang sebaya, lebih muda, atau akrab dengan Anda.
Baca Juga :  Cara Berobat Menggunakan BPJS

Demikianlah artikel yang saya buat tentang cara mengucapkan terimakasih dalam bahasa Korea. Semoga artikel ini bisa membantu Anda untuk belajar bahasa Korea dengan lebih mudah dan menyenangkan. Jika Anda memiliki pertanyaan atau saran, silakan tinggalkan komentar di bawah ini. Terimakasih telah membaca artikel ini!

 

Print Friendly, PDF & Email

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *