Waktu Makan Bagi Pelaku Diet! check this!

Saat melakukan diet, seseorang akan menjaga pola makan setiap harinya, terutama soal menu makanan. Segala junk-food akan mereka tinggalkan untuk mendapatkan tubuh yang lebih sehat dengan berat badan yang ideal sesuai tinggi tubuh. Meski sudah memilih menu yang tepat untuk menutrisi tubuh, namun terkadang pelaku diet lupa untuk mengatur jam makan mereka.

Bisa saja, mereka sarapan jam berapun yang mereka mau. Atau bahkan mereka melewatkan sarapan dan menggandakannya di makan siang. Lebih parah lagi, mereka nggak makan sama sekali hanya karena ingin dapat tubuh yang ideal. Kalau sudah begini, hilang sudah esesnsi diet yang sesungguhnya. Kalau kamu pelaku diet, jangan sampai kamu seperti contoh-contoh yang telah diungkapkan di atas, ya. Oleh karena itu, penting hukumnya untuk kamu mengetahui waktu yang tepat untuk makan agar dietmu sukses. 

Berikut petunjuk singkat waktu makan bagi pelaku diet :

1. Sarapan

   Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa sarapan adalah waktu makan yang paling penting untuk diet yang sukses. Jangan asal ambil waktu untuk memasukkan makanan ke dalam perut. Sarapanlah sekitar pukul 07.00-08.00, sekitar 30 menit setelah kamu bangun. Dan jangan sarapan setelah lewat jam 10.00. Maka dari itu, bangunlah tepat waktu. Sebab, melewatkan sarapan hanya akan membuatmu lapar dan makan lebih banyak pada jam berikutnya dan membuat lonjakan gula darah naik. 

2. Makan Siang

   Sedangkan, untuk makan siang, kamu boleh makan sejak pukul 12.30-14.00, dan berhenti sebelum pukul 16.00. Perlu diingat, jarak ideal dari sarapan ke makan siang adalah 4 jam. Jadi, kalau makan siang di awali pukul 12.30, kamu harus berhenti sarapan pukul 09.30. 

Baca Juga :  Resep Minuman Bulan Puasa : Es Campur Sederhana Dan Nikmat

3. Makan Malam

   Bagi pelaku diet yang ingin makan malam, kamu bisa mengawalinya dari pukul 18.00-21.00, dan jangan makan lagi setelah pukul 21.00. Setidaknya, kamu berhenti makan 3 jam sebelum tidur. Agar makanan yang kamu konsumsi bisa dicerna dengan baik oleh pencernaan. Sebab, jarak makan yang terlalu dekat hanya akan meningkatkan insulin dan gula darah yang bikin kamu susah tidur.

Intinya, saat diet, yang kamu butuhkan adalah membuat gula darahmu konsisten. Dengan makan tiga kali sehari, kamu bisa menjaga gula darah antara 400 dan 600 kalori. Dan yang paling penting, jangan sampai kamu telat atau bahkan nggak makan sama sekali saat sarapan dan makan siang. Sebab, bisa jadi saat makan malam, kamu mengonsumsi banyak makanan. Pada malam hari, tubuh nggak begitu aktif bergerak, sehingga kalori disimpan oleh tubuh jadi lemak. So, perhatikan waktu makanmu, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *